Thursday, November 3, 2016

Fungsi Keluarga Dalam Membentuk Keepribadian Anak



Peran Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. 

Peranan keluarga menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok  dan masyarakat.

Berbagai peranan yang terdapat di dalam keluarga adalah sebagai berikut :

a.       Ayah berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga.
b.      Sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.
c.       Anak-anak melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik,mental, sosial dan spiritual.

Fungsi yang dijalankan keluarga adalah :

    Fungsi Pendidikan
Dilihat dari keluarga mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak.

    Fungsi Sosialisasi
 Dilihat dari bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.

   Fungsi Perlindungan
Dilihat dari bagaimana keluarga melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.

   Fungsi Perasaan
Dilihat dari bagaimana keluarga secara naluri merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga

   Fungsi Agama
Dilihat dari bagaimana keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain melalui kepala keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah dunia.

   Fungsi Ekonomi
Dilihat dari bagaimana kepala keluarga mencari, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga.

Menurut saya mengenai fungsi keluarga dalam membentuk kepribadian seorang anak merupakan hal yang sangat penting. Karena, keluarga adalah nomor satu. Dalam artian keluarga adalah rumah untuk berpulang. Senyaman-nyamannya kita bergaul atau berinteraksi dengan duniaa luar, keluarga tetap menjadi prioritas utama.

Keluarga yang sangat mengenal kita dari lahir. Mengajari, membimbing, mendidik dari yang kita tidak tahu apa-apa menjadi hebat seperti sekarang, itu tidak akan pernah luput dari didikan orang tua.

Kepribadian kita juga terlihat saat bersama orang lain dan pasti sangat banyak masukan atau prasangka-prasangka yang berkelebat di pikiran mereka. Jika kepribadian kita positif pasti mereka akan berfikir jika kita di didik dengan baik dan benar. Tapi jika sebaliknya, pasti mereka berfikir jika kita tidak pernah diberi didikan yang pantas.

Jika orang berfikiran kita tidak diberi didikan yang pantas pasti yang ditujukan adalah orang tua kita. Tidak enak jika ada orang yang berfikiran seperti itu, dimana nama kita tercoreng, nama orang tua kitapun ikut tercoreng atau tidak baik.

Apalagi, dizaman globalisasi ini yang serba modern, banyak pengaruh-pengaruh berasal dari luar maupun dari dalam yang bisa membawa kita terpengaruh hal negatif. Disinilah peran keluarga sebenarnya, apakah kita benar-benar dididik dengan benar agar tidak terbawa arus negatif? Sebagai seorang anak, kita juga harus berfikir dahulu sebelum bertindak. Tidak ada salahnya menaati apa yang selalu diajarkan orang tua kepada kita. Maksud dari mereka pun pasti tidak buruk, mereka melarang bukan untuk mengekang tetapi untuk kita berfikir dewasa apakah pantas kita melakukannya atau tidak?

Semua tergantung pada diri kita masing-masing.

No comments:

Post a Comment